Tips Sehat Saat Menjalani Ibadah Haji atau Umroh

Saat menjalankan ibadah Haji atau Umroh perlu persiapan matang. Inilah tips agar tetap sehat selama menjalankan ibadah Haji atau Umroh, sehingga ibadah berjalan lancar. 

Bahagia bukan kepalang. Itulah yang dirasakan setiap orang ketika mampu melaksanakan salah satu rukun Islam yang kelima, Naik Haji. Semua persiapan pastinya harus disiapkan jauh-jauh hari agar pada saat keberangkatan, tidak ada lagi aktivitas yang mengganggu ketenangan. Mulai dari kebutuhan diri dari ujung rambut hingga ujung kaki sampai kepada persiapan obat-obatan pun perlu diperhatikan.

Nah, biasanya para calon jamaah diinformasikan agar selalu menjaga kondisi tubuh selama masa penantian keberangkatan. Apalagi bagi yang memiliki riwayat penyakit, diharapkan agar benar-benar melakukan aktivitas yang menjauhi sebab-sebab kambuhnya penyakit yang diderita tersebut.

Berikut beberapa tips agar tetap sehat saat melakukan Ibadah Haji atau Umroh yang bisa menjadi bahan referensi:

Perbaiki Niat dan Doa agar Tetap Sehat

Saya sangat menyadari bahwa ketika akan melakukan sesuatu, niat yang benar sejak awal sangat menentukan hasil akhirnya. Niatkan bahwa keberangkatan diri ke Mekkah adalah semata-mata untuk beribadah kepadaNya. Dan dengan niat tersebut secara otomatis akan tersirat doa agar tetap diberikan kesehatan mulai dari keberangkatan hingga tiba kembali di tanah air. Doa yang sungguh-sungguh tidak akan pernah diabaikan Allah.

Siapkan Obat-Obatan yang Diperlukan

Kondisi cuaca di Arab Saudi memang sangat berbeda dengan Indonesia. Ada orang yang memiliki tubuh dengan kekuatan yang ekstra ketika berada di iklim berbeda, tetapi ada juga yang tidak. Untuk itu, perlu kesiapan obat-obatan yang diperlukan. Apalagi jika memang calon jamaah yang akan berangkat memiliki riwayat penyakit tertentu. Pastikan membawa obat-obatan seperlunya agar saat beribadah di sana tetap tenang. Tidak perlu lagi repot mencari apotik atau sejenisnya.

Konsumsi Makanan Sehat seperti Buah dan Susu

Buah-buahan mengandung banyak vitamin dan mineral. Kandungan nutrisi dari buah bisa meningkatkan stamina tubuh secara alami. Di samping itu, buah juga mudah diperoleh dan harga terjangkau sehingga tidak ada alasan untuk malas makan buah. Selain buah, calon jamaah bisa mengkonsumsi susu sebagai salah satu sumber energi plus penyedia nutrisi tambahan bagi tubuh. Banyak susu yang diproduksi untuk kekuatan tulang bahkan juga me-recovery tubuh sehabis sakit.

Selalu Siapkan Botol Kosong

Botol kosong ini berfungsi saat sudah berada di Mekkah. Bisa menjadi wadah untuk air zam-zam. Ketika merasa haus, tentu dengan mudah mengkonsumsinya. Begitu juga ketika wajah terasa kering karena teriknya matahari yang tentunya berbeda dengan di tanah air. Selain itu, bisa juga dimanfaatkan untuk mencuci kaki atau tangan yang kotor sebelum melakukan ibadah shalat di masjid.

Pakai Krim Tabir Surya

Laki-laki atau perempuan membutuhkan krim tabir surya agar kulit tetap sehat selama melakukan Ibadah Haji atau Umroh. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa kondisi cuaca di Arab Saudi sangat berbeda dengan Indonesia, dimana sinar matahari lebih menyengat, maka lindungi kulit dari kekeringan dengan krim. Memperoleh krim tabir surya pun mudah. Sudah banyak dijual di apotik (lebih aman karena rekomendasi ahli medis) dan juga di toko-toko perlengkapan haji atau umroh.

Konsumsi Suplemen Penambah Daya Tahan Tubuh

Ini adalah tips agar tetap sehat saat melakukan Ibadah Haji atau Umroh yang paling sering dilakukan oleh para jamaah. Setiap orang memiliki kondisi tubuh berbeda. Mengonsumsi suplemen sebagai sumber tambahan nutrisi vitamin dan mineral sangat dianjurkan. Soal jenis suplemen penambah daya tahan tubuh tersebut dipilih berdasarkan kesesuaian tubuh juga. Sebaiknya menghubungi dokter untuk berkonsultasi jenis suplemen yang baik untuk kondisi tubuh kita masing-masing.

Gunakan Masker

Selama berada di Arab Saudi, menggunakan masker bisa juga untuk menghalangi tubuh dari penyebaran virus penyakit. Apalagi yang hadir di tanah suci Mekkah berasal dari seluruh penjuru dunia. Jadi tak heran jika benar-benar tubuh harus memiliki antibodi yang kuat untuk menangkal virus jahat. Tetapi, perlu diingat, jangan sekali-kali menggunakan masker pada sesi Ibadah Haji atau Umroh yang tidak mengizinkan seluruh jamaah menutup wajah.

Berolahraga

Sebelum berangkat Haji atau Umroh, sebaiknya aktivitas olahraga tidak berhenti justru semakin digiatkan agar tubuh tetap fit dan siap menghadapi situasi dan kondisi saat di Arab Saudi. Olahraga ringan namun rutin pun tidak mengapa asalkan tetap melakukan gerakan yang sangat membantu tubuh selalu dalam kondisi fit.

Nah, tips agar tetap sehat saat melakukan Ibadah Haji atau Umroh di atas bisa dipraktikkan. Semoga Ibadah Haji atau Umroh yang dilakukan benar-benar dinilai pahala oleh Yang Maha Kuasa.(rhm)