Tips Menulis Blog untuk Pemula

Kini, menjadi blogger boleh dibilang jadi salah satu profesi yang cukup banyak diminati. Kamu juga tertarik untuk menulis blog? Ini tipsnya!

Era digital masa kini memberi kita banyak kemudahan. Internet memudahkan urusan kita berkomunikasi. Gawai beragam harganya. Bermedia sosial banyak pilihannya.

Salah satu pilihan media sosial yang menarik adalah platform blog. Platform ini menarik bila kita pada dasarnya suka menulis. Jika media sosial pada umumnya hanya memuat tulisan-tulisan pendek, misalnya Twitter, Path, Instagram, juga Facebook, maka blogging adalah media tak terbatas untuk mengunggah tulisan sekaligus foto.

Rasanya bukan hal yang salah kalau kita menyebut blog sebagai personal website. Di Indonesia, platform blogging yang terpopuler adalah WordPress dan Blogspot.  Kedua platform tersebut dapat kita gunakan secara gratis.

Di dalam blog kita dapat menuangkan isi pikiran sebebas-bebasnya. Hal yang perlu diingat adalah setiap kebebasan diikuti tanggung jawab. Jadi tema dan bagaimana caramu menulis di blog, kamu sendiri lah yang dapat mempertanggungjawabkannya.

Blog kini mendatangkan pendapatan. Namun tidak begitu saja uang datang ke kantong kita karena blog, bukan? Merawat blog sama halnya dengan tanaman. Harus ditanam, dipupuk, disiram, diperhatikan, baru dapat dipanen. Bedanya kalau tanaman akan mati bila tidak kita rawat, kalau blog tidak akan terhapus kecuali kita sendiri yang menghapusnya atau bila platform layanan blognya yang berhenti.

Memulai kegiatan menulis blog, mulailah untuk bersenang-senang. Khawatirnya bila dilakukan hanya karena uang, motivasi untuk menulis di blog akan mudah memudar. Namun bila kita memupuknya atas dasar kesukaan, menulis di blog akan jadi kegiatan yang membahagiakan.

Setelah membuat blog, lantas apa saja yang dapat kita kerjakan agar blog terisi seperti layaknya kita memperbarui Twitter dan Facebook kita secara rutin?

  1. Mulai mengerjakan, mulai menulis

Jangan overthinking. Just do it. Mulailah nge-blog. Bila pun tulisannya hanya satu paragraf, ya sudah tidak apa-apa. Seiring berjalannya waktu, bila dikerjakan secara berkala, kemampuan menulis kita akan berkembang. Apalagi kalau kita membiasakan diri pula dengan rajin membaca.

  1. Tulis tema favoritmu

Ya betul, tulis tema yang kamu sukai. Besar kemungkinannya hal yang kamu suka dan tulis itu juga disukai banyak orang lainnya. Mulai menulis tema yang kita suka akan jadi motivasi yang menyenangkan saat mulai kegiatan blogging.  Bukankah kita akan merasa bahagia bila mengerjakan sesuatu yang kita suka?

  1. Membaca

Membaca adalah salah satu sumber asupan kosa kata untuk otak kita. Dengan membaca, ide menulis dapat berdatangan, wawasan jadi terbuka luas. Psst, bahkan buku yang kita baca pun dapat kita jadikan objek tulisan di blog lho.

  1. Kenali potensi diri

Bila menulis di blog dilakukan secra rutin, kelak seiring waktu berjalan, kamu akan mengetahui potensi dirimu akan muncul di tema tulisan tertentu. Bisa saja saat ini rajin menulis tentang resensi buku dan perkembangan anak, namun di beberapa bulan mendatang ternyata tulisanmu lebih banyak membahas tentang tema parenting.

  1. Bebaskan diri dari aturan menulis

Karena dimulai dengan suka-suka dan baru pertama kali memulai kegiatan blog, ada baiknya tak membebani diri sendiri dengan aturan menulis. Perlakukan blog seperti kamu menulis di buku harian. Bukan maksudnya membeberkan rahasia kehidupan kita, namun lebih kepada menulis lah untuk membuat diri sendiri bahagia. Jangan terlalu kaku menulis seperti dokumen akademis. Bermain-main lah dengan kata.

  1. Share, jika ingin mempopulerkan tulisan di blog

Share tulisan blog ke media sosial bila kamu mau. Jika tidak pun tak apa. Fitur share ini berfungsi bila kita ingin mempopulerkan tulisan di blog.(nw)