Tips Disukai Orang dalam Waktu 90 Detik

Sabtu, 11 Februari 2017, Women Leader Institute bersama Gerakan Wanita Nusantara (Granita) dan Cre8 mengadakan acara seminar. Acara tersebut mengusung tema, “How to make people like you in 90 seconds?

Sebagai narasumber, Bapak Ir. S. Pramono, MM, MNLP, seorang Executive Coach yang sudah banyak memfasilitasi banyak orang di banyak perusahaan. Beliau memiliki  International Licensed Master Practitioner of NLP™ yang ditandatangani oleh Penemu, Pencipta, Pengembang, Co Creator NLP™ yaitu DR. Richard Bandler dan John LaValle, President The Society of NLP™, Orlando, USA.

Pada seminar tersebut, Bapak Pramono di temani oleh Bapak Felix, SPsi sebagai Fasilitator. NLP merupakan salah satu metode pengembangan diri yang memanfaatkan pikiran sadar dan pikiran bawah sadar, otak kanan dan kiri, kecerdasan emosi dan kecerdasan lainnya yang langsung berdampak positif pada perubahan perilaku. Seminar ini juga diselingi oleh simulasi dan games sehingga menjadi seminar yang ringan dan menyenangkan untuk diikuti bagi para peserta.

Bagaimana caranya orang bisa menyukai kita dalam waktu yang cepat? Bapak Pramono memberikan 10 hal penting yang wajib kita ketahui, yaitu:

  1. The First Five Seconds.

The First Five Seconds yang dimaksud adalah bagaimana memanfaatkan 5 detik pertama bertemu dengan orang yang baru kita kenal.  Bagaimana sih caranya membuat orang suka sama kita dalam waktu melihat kita pertama kali? Salah satu caranya adalah fokus dan being present. Apa itu being present? Yakni, siapkan diri kita untuk berada pada suatu lingkungan.

  1. Excellent Eye Contact.

Bagaimana menciptakan excellent eye contact? Kalau lagi ketemu orang, kita bisa mengganti posisi untuk fokus berbicara dengan orang tersebut atau kita. Ciptakan rasa sayang, cinta, kasih pada orang lain saat menatap mereka. Namun, Anda harus hati-hati jangan sampai dianggap flirting.

  1. Get Anyone To Like You.

Bagaimana caranya orang suka sama kita? Bukan hanya tertarik secara fisik, tetapi juga secara kepribadian kita. Menurut Beliau, Fake it Then Make it. Pura-pura saja dulu. Pura-pura senang, pura-pura nyaman. Dengan sendirinya, kepura-puraan itu akan jadi benar. Sebagai perumpamaan, kita perlu membuat film-film positif di kepala kita. Secara tidak langsung hal tersebut perlu latihan agar model-model yang ada dalam film kita secara sendirinya akan terpikirkan.

  1. Vibrating Your Personal Magnet.

Setiap laki-laki dan perempuan pada dasarnya sudah memiliki magnet masing-masing pada diri.

  1. Impressive Conversation.

Setelah merasa dirimu sudah on. Sudah on di sini maksudnya sudah percaya dengan diri sendiri.  Ajaklah orang-orang baru tersebut mengobrol secara intens dan impresif.  Mulai obrolan dengan perbincangan yang sederhana.

  1. Synchronized With Anyone.

Nikmati untuk menjadi orang yang terbuka. Ubah pemikiran tentang kata “belajar” dengan kata “nikmati,” agar perasaan berubah menjadi nyaman dan kita bisa sinkron dengan orang-orang di sekitar kita. Untuk membuka diri kita awali dengan mencari tahu tentang lawan bicara kita, kemudian mengajak bicara mengenai hal-hal kecil terlebih dahulu.

  1. Reaching Anyone.

Apa itu reaching anyone? Membuat semua mata tertuju pada Anda ketika berada dalam suatu forum atau rapat.

  1. Ignite Love At First Sight.

Dalam pikiran, kita terapkan bahwa ada yang menarik dalam diri orang yang baru kita temui pertama kali.

  1. Establishing Lasting Rapport.

Bagaimana caranya menciptakan hubungan baik dengan orang lain? Kuncinya adalah saling menghormati dan menghargai. Anda tidak boleh punya kepentingan lain kepada siapapun kecuali relationship.

  1. Irresistably Attractive.

Artinya, menarik tidak tertahankan. Coba sambil berkaca berbicara pada diri sendiri, “Di dalam diri lo tuh ada yang menarik,” itu perlu agar memprogram otak kita selalu positif.

Demikian tips disukai orang dalam waktu 90 detik. Semoga bermanfaat. (RH)