Tips agar Tetap Cantik dan Bugar di Usia 40an

Ingin tetap cantik dan bugar di usia 40-an? Coba ikuti beberapa langkah mudah di bawah ini. 

Hidup adalah sebuah perubahan.  Dalam proses kehidupan, manusia akan mengalami perubahan yang dapat dilihat dari kurva pertumbuhan dan perkembangan manusia.  Fase awal kehidupan yang dimulai dari terbentuknya zigot hingga terjadi proses melahirkan.  Dari bayi menjadi balita, lalu tumbuh menjadi anak-anak, berkembang memasuki fase remaja ke dewasa hingga menjadi tua dan manula.  Kurva kehidupan manusia pun sudah jelas, bahwa yang hidup pasti akan mati.

Waktu berputar searah jarum jam, tak seorangpun mampu menghentikannya. Waktu terus berjalan seiring bertambahnya usia dimana manusia menjalani proses hidupnya.  Beraktivitas setiap hari, bekerja memenuhi kebutuhan hidup hingga tidak menyadari bahwa usia kian hari kian bertambah.  Ada juga yang begitu enjoy menikmati hidup sehingga tidak sadar bahwa dirinya telah banyak mengalami perubahan baik dari segi fisik maupun psikis.

Ada pepatah yang mengatakan, “Hidup di mulai ketika usia 40 tahun”.  Hal ini senada dengan pemikiran salah seorang pakar psikologi bahwa “Usia 40 tahun adalah usia ketika manusia benar-benar meninggalkan masa mudanya dan beralih mendapati masa dewasa. Usia  yang hidup dengan kematangan dan kemantapan konsep”. Untuk itu, di usia 40 kita seharusnya semakin berbenah diri baik dari segi kecantikan maupun dari segi kesehatan agar hidup dapat kita jalani dengan baik, sehat, dan bahagia.

Tidak bisa dipungkiri bahwa pada usia yang tak lagi muda, di usia puncak kedewasaan, ada banyak hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kulit dan wajah agar tetap cantik dari penurunan elastisitas kulit tubuh. Untuk itu, kita harus maksimal dalam urusan penampilan, kecantikan dan kesehatan.

Jika kamu adalah salah satu dari sekian banyak orang yang akan memasuki atau telah berada di level usia yang tak lagi tergolong muda ini, usia yang orang bilang bahwa babak baru kehidupan akan dimulai. Usia remaja telah ditinggalkan yang selanjutnya akan memasuki usia dewasa, usia yang benar-benar  telah matang ada baiknya kita melakukan hal-hal berikut ini:

  1. Perbanyak minum air putih

Air putih sangat penting untuk kesehatan.  Selain memperlancar metabolisme tubuh, air putih juga dapat menjaga kelembapan kulit tubuh sehingga kulit terlihat lebih cerah dan lebih halus.  Dengan mengkonsumsi air putih, kesimbangan cairan tubuh pun dapat terjaga.

  1. Olahraga teratur

Jangan malas berolahraga sebab olahraga yang teratur dan seimbang, dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar.  Banyak manfaat olahraga, misalnya melancarkan proses sirkulasi darah dalam tubuh manusia sehingga proses metabolisme tubuh pun berjalan optimal, meningkatkan daya tahan tubuh, dan lain-lain.  Banyaknya manfaat yang bisa kita dapatkan dari olahraga sehingga tidak heran jika banyak orang yang menjadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup atau lifestyle

  1. Bersihkan wajah sebelum tidur

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kulit wajah terlihat lebih segar.  Salah satunya adalah dengan membiasakan diri mencuci muka sebelum tidur. Ini adalah kebiasaan yang baik dalam hubungannya dengan kesegaran kulit wajah.  Banyaknya debu dan kotoran yang menempel di wajah setelah seharian beraktivitas akan membuat kulit wajah terasa kusam dan kaku sehingga kecerahan dan kesegaran wajah akan hilang.  Untuk itu, bersihkan wajahmu sebelum tidur.

  1. Konsumsi makanan yang berkalsium

Rajin mengonsumsi susu berkalsium dapat membantu menjaga kesehatan tulang.  Tetapi susu bukan satu-satunya bahan makanan yang berkalsium.  Makanan lain yang banyak mengandung kalsium tinggi adalah sayur-sayuran seperti bayam, kacang-kacangan, yogurt, ikan, keju.

  1. Jangan merokok dan minum alkohol

Untuk menjaga badan tetap sehat dan bugar sebaiknya menghindari hal-hal yang dapat memicu timbulnya penyakit.  Merokok dapat menyebabkan menurunnya produktivitas paru-paru.  Hubungannya dengan kecantikan adalah dapat meningkatkan keriput pada wajah sehingga wajah terlihat lebih cepat tua. (sm)