Tes Kesehatan Pra Nikah: Penting Tapi Sering Dilupakan

Berencana untuk menikah dalam waktu dekat? Nah, sudahkah melakukan tes kesehatan pra nikah, demi kebahagiaan di masa depan? Yuk, kenali di sini pentingnya tes kesehatan pra nikah.

Pernikahan merupakan awal kehidupan baru bagi pasangan baik laki-laki dan perempuan.  Persiapan untuk menuju jenjang pernikahan biasanya tidak hanya dilakukan oleh pasangan tersebut namun juga keluarga karena banyak yang harus direncanakan dengan baik.  Namun ada persiapan sebelum pernikahan yang harus disiapkan khusus oleh pasangan.  Seperti persiapan dasar atau fondasi pernikahan seperti menentukan visi pernikahan yang disepakati bersama.

pranikah

Artikel ini akan membahas persiapan pernikahan dari sisi kesehatan.  Persiapan kesehatan ini penting karena salah satu tujuan pernikahan adalah terbentuknya keluarga yang dilengkapi dengan kehadiran seorang anak.  Untuk melakukan proses reproduksi, maka persiapan kesehatan harus dilakukan secara dini, tidak hanya pada saat pasangan sudah siap memiliki anak atau sedang merencanakan memilki anak pada saat setelah menikah.

Persiapan kesehatan dengan melakukan tes kesehatan pra nikah sangat penting untuk pasangan yang akan menikah.  Manfaat dari tes pra nikah agar masing-masing pasangan sudah saling tahu status kesehatan masing-masing sebelum menikah, dapat mencegah penyakit/infeksi yang mungkin dimiliki pasangan atau salah satu pasangan, sehingga bisa mempersiapkan kehamilan secara maksimal.

Biasanya tes kesehatan pranikah merupakan syarat yang diajukan oleh Kantor Urusan Agama (KUA) pada saat pasangan akan menikah.  Walaupun syarat ini tidak selalu ditaati oleh pasangan yang akan menikah namun sangat penting untuk dilakukan. Berikut ini beberapa  pertanyaan dan jawaban terkait dengan tes kesehatan pranikah:

Kapan sebaiknya melakukan tes kesehatan pranikah?

Sebaiknya tes kesehatan pranikah dilakukan secepat mungkin ketika pasangan memutuskan akan menikah.  Semakin cepat tes dilakukan maka semakin banyak waktu untuk melakukan antisipasi atau pencegahan yang disepakati kedua pasangan. Untuk vaksinasi sebelum nikah ada jadwal-jadwal ideal yang harus dikonsultasikan dengan dokter spesialis.

Dimana melakukan tes kesehatan pranikah?

Tes kesehatan pranikah bisa dilakukan di Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) terdekat.  Saat ini puskesmas tingkat kelurahan maupun puskesmas kecamatan sudah sangat lengkap sarana dan prasarananya sehingga bisa melakukan tes kesehatan pranikah standar.  Adapun tes kesehatan tes standar di Puskesmas meliputi tes darah, pemeriksaan gigi, pemeriksaan  dan konsultasi gizi, pemeriksaan psikologi dan vaksinasi TT.  Namun jika pasangan ingin melakukan pemeriksaan yang lebih lengkap, bisa datang ke rumah sakit, klinik-klinik swasta atau ke laboratorium-laboratorium swasta. Hal yang direkomendasikan adalah sebelumnya pasangan datang ke dokter kandungan (obgyn) untuk berkonsultasi tes apa saja yang direkomendasikan dan manfaat yang didapat melakukan tes tersebut.  Karena hasil tes kesehatan jika memiliki masalah biasanya dirujuk ke dokter kandungan untuk tindakan preventif dan pengobatan.

Apa saja tes kesehatan pranikah yang harus dilakukan?

Tes kesehatan pra nikah cukup banyak.  Adapun beberapa tes kesehatan pra nikah yang utama sebagai berikut:

tes-kesehatan-pranikah3-1

file-page12

file-page1

Vaksinasi apa yang diprioritaskan sebelum menikah?

Pada dasarnya vaksinasi adalah anjuran untuk melakukan pencegahan bagi seseorang terhadap risiko tertentu.  Vaksin pra nikah yang dianjurkan untuk dilakukan perempuan adalah TT, HPV, Varicella, Hepatitis A dan Hepatitis B.

Vaksin Pranikah dan Manfaatnya*

document3-1

*Konsultasikan ke dokter sebelum melakukan vaksin

Berapa biaya tes kesehatan pra nikah?

Estimasi biaya tes pra nikah tergantung tes yang dipilih pasangan untuk dilakukan.  Untuk tes kesehatan pranikah standard di puskesmas biaya yang dikeluarkan untuk pasangan sekitar 100 ribu rupiah.

Sedangkan bagi pasangan yang memilih untuk tes pranikah paket lengkat di laboratorium swasta/klinik swasta/rumah sakit harga bervariasi, estimasi untuk tes darah lengkap, tes urine, tes TORCH sekitar 1,5 juta-2,5 juta.

Untuk tes HIV, estimasi biaya di klinik swasta sekitar 250-300 ribu rupiah. Namun jika anda berperilaku berisiko (hubungan seks bebas, penyalahgunaan narkoba suntik dll)  dapat menghubungi lembaga swadaya masyarakat atau Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) setempat untuk mendapatkan tes dengan biaya terjangkau atau hanya membayar biaya administrasi.

Demikian , semoga artikel ini bermanfaat dan semakin banyak pasangan yang melakukan tes kesehatan pra nikah sehingga dapat membentuk keluarga yang sehat.

Referensi

  • C.Mims HD, R Goering, I Roitt, D Wakelin and M Zuckerman: Medical Microbiology, Third edn. Spain: Elsevier 2004.
  • Kemenkes, 2012. Pedoman Nasional Pencegahan Penularan Ibu ke Anak. Kemenkes RI: Jakarta
  • Infolaboratorium, 2016. Cara Membaca Hasil Laboratorium/Nilai Normal Hasil Laboratorium https://infolaboratoriumkesehatan.wordpress.com/tag/nilai-normal-hb-wanita-12-16-grdl-pria-14-18-grdl-anak-10-16-grdl-bayi-baru-lahir-12-24grdl/
  • Klikdokter, 2016. Tes Kesehatan Pra Nikah. https://www.klikdokter.com/tanyadokter/kebidanan-kandungan/tes-kesehatan-pra-nikah
  • Kompasiana, 2016. Pemeriksaan Kesehatan Pra Nikah, perlukah? http://www.kompasiana.com/pakcah/pemeriksaan-kesehatan-pranikah-perlukah_54f4193c745513a42b6c861c
  • Spritia, 2015. Tes HIV http://spiritia.or.id/li/bacali.php?lino=102

(Raihana Nadra Alkaff, SKM, MMA)