Serempak, Blogger dan Mahasiswa,Bersuara Bulat

Oleh : Mutia Ohorella

 

 

Sebagai Blogger, pasti dooong … Senang dilibatkan dalam urusan pemerintah. Hati blogger kan sensi,  cermat pada sekitar, trus tangan gatal ingin menulis, pas banget buat diajak kerja sama. Apalagi bergabung dengan mahasiswa yang muda segar, berdarah juang tinggi penuh idealisme. Klop!!

Kemarin tanggal 27 Oktober 2016, kami berkumpul di lantai 6 Gedung FX Senayan. Mall yang didalamnya ada kampus Binus. Tanggalnya bertepatan dengan Hari Blogger yang ke 9. Jadi Ibu Martha Simanjuntak SE,MM ketua umum IWITA ( Indonesia Women IT Awareness)  menyiapkan kue ultah cantik.
Horeee!! Saya nggak kebagian karna sibuk motret dan antri Soto Padang.

Serempak sebagai sayap institusi pemerintah  mengumpulkan kami demi menyebarnya informasi program-program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat dan perlindungan anak. Pilihan tema talkshownya pas banget  dengan kebutuhan Blogger, THE POWER OF CONTENT!

Hadir 2 pembicara dari pentolan Blogger, perwakilan dari Komnas Perlindunngan Perempuan dan Anak (KPPPA), perwakilan BINUS, dan Maman Suherman, jurnalis / Pemerhati masyarakat yang wajahnya sering  muncul di TV, acara Jakarta Lawyers Club.

 

Deritamu Wahai Perempuan Dan Anak

 

 

Suasana cukup syahdu waktu menyanyikan lagu Indonesia Raya, apalagi dalam balutan busana daerah, dengan segudang cita-cita di kepala,  ingin memperbaiki keadaan negeri.

Selanjutnya audience dihentak oleh Kang Maman (Sebutan kesukaannya). Indonesia menurut survey, paling tidak 35 perempuan dalam sehari mengalami kekerasan fisik. Dan angka tinggi mengejutkan, anak anak korban pedophil di Indonesia adalah terbesar di dunia. Whattt???

Masya Allah! Banyak keburukan di depan mata. Berita cuma lewat, tanpa sadar angka terus bertambah. Apa baca berita cuma untuk menemani sarapan pagi saja?
Selanjutnya beliau tegas bilang, hilangkan falsafah 3UR! Perempuan nggak jauh-jauh dari  dapur,kasur, dan sumur. 3 tempat itu untuk ibadahnya perempuan, jangan dikonotasikan kewajiban untuk memenuhi syahwat semata. *Ini prinsip saya.


Blogger Almarhum Meninggalkan…?

Ibu Inna A.Murwani,MM,MBA, Deputy Head of Marketing Binus Business School, memulai pembicaraan dengan pertanyaan…
Kalau gajah mati meninggalkan gading, Harimau mati meninggalkan belang, kalau blogger mati? 

 

 

Gading dan belang paling melekat di tubuh, itulah Brand!

Blogger mati harus meningglkan tulisan bermanfaat. Tulisan tak manfaat tanpa pembaca, maka blogger harus punya brand! Kesan apa yang paling ingin ditonjolkan dalam benak pembaca?

Saya terkesima dengan kalimatnya…

 

“Anda tidak bisa jadi apa saja buat siapa saja. Anda hanya bisa bermakna bagi seorang saja.”

 

Tulislah sesuatu yang pembaca ingin baca, misalnya tentang Gadget,Bahasa, Parenting dll. Blog tema parenting banyak dan biasa, tapi akan  jadi luar biasa bila ditulis oleh seorang bapak. Penasaran kan? Search aja di Talk Fater Parenting Issue to Fathers.

Mau punya blog unik, saratnya adalah select your theme, write stick to the theme, and create your personality! Haha… Personality saya apaaa yaa? Yang jelas masih rakus. Apa saja mau ditulis.

Tampilan blog mau memberi kesan saat blog dibuka? Cotoh saja blognya Dian Rikasari yang jadi idola saya! Lihat di sini

Inget, cateeet!

Kenali target anda, pembaca mau apa? Choose your blog name, then colours,fonts,logo,and  tagline! Kenapa harus warna diperhatikan? Sebab masing masing punya kesan. Violet menampakkan Prosperity,royalty. Yellow adalah Joy,light, dan masih banyak lagi.

Cari nama yang unik. Misalnya seperti blogger nekad ini, kasih nama Ngambek-ngambek.com. Abis ini, saya mau selancar ke sana.

Kadang nama nggak berhubungan dengan postingan, tapi asik. Seperti blog Food Is The Best Reason to Travel. Dikira isinya soal makanan, nggak taunya tentang travel. Ngejebak enak ya! Udah gitu back ground imagenya bakaran sate yang bisa bergerak-gerak. Ide dari mana, coba!!

 

Ringkasnya, Invest to blind your brand!

– Write powerfull

– Sosmed ( Bukan Ismed lho!) is your friend

– Comment… comment..Is link

– Advertise and the use analityc

– Jangan lupa, SEO

 

Jadi Blogger Yang Keren!

Ini ke empat kalinya saya ketemu dengan Mbak Ani Berta, famous atau selebritinya Blogger! Selaluu dia tekankan, jadilah blogger yang cekatan. Jangan nunggu sampe seminggu buat nulis laporan event. Kan honor sudah dapet!

Duh, jangan sampe deh! Biar cuma dikasih pulpen dan nggak wajib nulis, saya tetap menulis sebagai tanda terimakasih. Bukan apa-apa, sampe dia mengundang kita, artinya dia percaya kita tamu yang baik dan sudah ditunggu oleh panitia yang sudah capek menyiapkan.

Nggak mungkin lah, dateng, nikmati hidangan, disambut istimewa, terus good by! Hellooow… Kan ini bukan ngundang orang lewat.

Apa karna nggak mau makan duit haram? Bukan ! Tapi sudah komit, be an actual on your side, segala langkah dan tinta harus jadi bekal buat “ke Sana”

Mbak Ani menngingatkan, selain pola 5W + 1H sudah ada dalam catatan, alangkah baiknya menggunakan sisa waktu event untuk interview tokoh penting.

Ada juga blogger yang butuh waktu banyak agar uraian banyak. Jika demikian, yasud! Tulis saja apa adanya dan sisihkan opini.

Masalah lainnya, jenuh suka muncul. Segeralah cari celah lain, jadi EO juga bisa. Atau  ada sahabat yang minta produknya direview? ok ok saja. Asal jangan terlalu sering.

Mbak Ani yang full time nge-blog memang ihlas dalam kegiatannya. Datang ke satu event bukan dengan niat dapat fee atau goodie bag. Bahkan ia pernah tak menghasilkan apa pun dari menulis, tapi ihlasnya dibayar oleh Allah. Tanpa disadari blognya jadi perhatianAustralian Aid.

 

Mau Jadi Maestro Artikel?

Irwin Day pemilik irwinday.web.id dan  yang banyak pembacanya itu, kasih tips.

Tulisan akan menarik bila tersimpan ide keren di dalamnya. Hal hal baru yang orisinil, menginspirasi,positif dan produktif , bukan saja disukai pembaca personal, tapi juga jadi makanan empuk bagi instansi pemerintah, contohnya web 1juta.id , sangat membantu memperluas pemasaran produk usaha mandiri sekolah, pondok pesantren, komunitas mau pun desa melalui internet.

Artikel menjadi penting bila memaparkan verifikasi data akurat. Sampaikan opini yang kira kira bisa meneduhkan dan jadi ilmu pengetahuan baru buat orang banyak.

Sekarang hukum kita melindungi. Banyak brodcast  jadi sarana Black Campaign, jadi sembarang me-like  bisa terkena pasal, apalagi sesumbar koment.

 

Intisari Dari Event Ini

Kang Maman bilang…
Beranilah ungkap kebenaran masalah perempuan. Serempak memang bermanfaat dan jadi naungan buat kaum perempuan, tapi ketahuilah gaungnya akan berimbas untuk kemaslahatan/ kebaikan bangsa dan dunia.

Kapan lagi kita berbuat untuk negeri tercinta? Serempak satu-satunya portal interaktif yang memberikan fasilitas diskusi  terkait pemberdayaan perempuan dan anak. Sarana pas buat kita sebagai penulis kan?

– Menulis dengan tema yang mendukung perempuan dan anak
– Berikan info cerdas untuk perempuan dan anak
– Munculkan figur perempuan yang inspiratif

Acara ditutup dengan pembagian cendramata kepada pembicara,  hadiah menarik buat  penanya terbaik, busana daerah terbaik. Aihh… Mbak Een Endah teman segrup WA dan teman seperjalanan saya dapat hadiah busana terfavorit. Dia terima voucher menginap di hotel, dan tas cantik, Wow banget!

Meski acara meriah dengan  hiburan band  keren, hadiah plus makanan enak,  tapi jangan pernah lupa bahwa Serempak, Blogger dan Mahasiswa,  bersuara bulat dan tetap membumi. Karna rakyat kecil yang banyak jadi korban.

 

Sukses terus buat penyelenggara dan Selamat Ulang Tahun Blogger!

Source : http://mutiaohorella.blogspot.co.id/2016/10/serempak-blogger-dan-mahasiswabersuara.html?spref=fb