Rekomendasi Aplikasi untuk Edit Foto

Gemar memotret menggunakan kamera ponsel, jangan lupa mainkan fotonya dengan beragam aplikasi edit foto yang menyenangkan sebelum share.

Bila dulu edit foto hanya dapat dilakukan di aplikasi dalam komputer dan laptop, maka gawai ponsel pintar membawa aplikasi tersebut ke level yang berbeda. Kita tidak perlu lagi seorang yang ahli di bidang photoshop, bahkan seorang anak SD dan ibu rumah tangga pun dapat mengedit foto menjadi lebih maksimal hasilnya.

Apa saja aplikasi edit foto yang direkomendasikan, berikut ini daftarnya:

  1. PRISMA

Prisma merupakan aplikasi foto yang mengubah foto kita menjadi karya seni serupa karya Van Gogh, Munch, bahkan Picasso. Foto kita menjadi lebih artistik. Menariknya lagi aplikasi ini tidak hanya bekerja untuk foto tapi juga video. Prisma tersedia untuk Android dan iOS secara gratis.

  1. INSTAGRAM

Instagram bukan hanya platform media sosial khusus foto tapi juga aplikasi edit foto. Banyak fitur foto yang dapat kita pilih sesuai mood yang kita inginkan. Pada mulanya Instagram hanya lah aplikasi edit foto, namun karena kemudahan pengunaan dan kesederhanaan platformnya, Instagram menjadi favorit banyak orang di dunia, termasuk Indonesia. Instagram tersedia gratis di Android dan iOS.

  1. Pixlr

Terdiri dari lebih dari dua juta kombinasi efek dan filter, mengedit foto di aplikasi Pixlr membuat kita terpuaskan. Bukan hanya edit filter foto, kita juga dapat menggunakan layer tambahan, menambah caption, dan mengkolasenya. Versi terbaru dari aplikasi Pixlr ini bahkan menambahkan fitur autofix dan autocontrast untuk yang malas memilih filter sendiri. Menarik bukan untuk aplikasi gratisan. Pixlr tersedia di Android dan iOS.

  1. VSCO Cam

Aplikasi foto yang satu ini membuat foto kita terlihat galau. Filter yang terdapat di dalamnya cenderung suram dan sederhana. Tidak ada filter yang membuat foto kita menjadi lebih glamor. Menggunakan aplikasi ini dipadu dengan foto yang indah membuat hasil yang terlihat seperti jepretan fotografer pro. VSCO menyediakan filter foto secara gratis dan berbayar. Tersedia di Android dan iOS.

  1. Lifecake

Aplikasi yang unik ini sangat cocok untuk kita yang ingin membuat timeline foto. Misalnya saja ibu yang ingin merekam perkembangan anaknya. Lifecake menyediakan kolase foto timeline yang bebas dari iklan. Lifecake bahkan terhubung dengan perusahaan Canon dan kita dapat memesan foto album cetak dari foto yang kita edit di Lifecake.

  1. Qwik

Aplikasi foto ini menyediakan 600 filter foto, termasuk font dan frame. Filter foto pada aplikasi ini terbilang segar dan menarik. Jika bosan dengan aplikasi yang sudah ada, cobalah Qwik untuk menambah kesenangan edit foto. Dapat diunduh gratis untuk Android dan iOS.

  1. Sktchy

Satu lagi aplikasi edit foto yang membuat foto kita bak karya seni. Sktchy merupakan aplikasi foto yang cocok untuk mengedit foto potrait. Hasil dari editan foto nantinya akan terlihat seperti sketsa. Sayangnya aplikasi ini hanya dapat diunduh di iOS.

  1. PhotoWonder

Ingin aplikasi foto yang dilengkapi dengan efek photobooth, layout yang berlapis, dan dapat dikolase, PhotoWonder dapat jadi jawabannya. Penggunaannya sangat mudah oleh karenanya aplikasi ini bekerja cepat. Pilihan filter tidak banyak namun sangat selektif. Cobalah efek filter Vintage untuk foto bangunan, padukan dengan filter Sweety agar membuat fotonya lebih retro. Aplikasi ini gratis tersedia di Android dan iOS.(nw)