Peran Penting Blogger Bagi Pemberdayaan Perempuan

Ini adalah untuk ke tiga kalinya saya hadir di event yang diadakan oleh Serempak.Id (Seputar Perempuan) yang pertama di Dome Lebak Bulus, kemudian di Sari Pan Pacific dan kemarin di Binus Fx lantai 6 Sudirman. Serempak selalu konsentrasi pada issue seputar anak dan perempuan. Kedepan Serempak ingin menjadi portal interaktif yang menjembati bagi masyarakat terhadap issue-issue yang ada. Lebih kurang 100 blogger hadir untuk dapat menyebarluaskan issue seputar perdagangan manusia (traffiking) dan pelecehan seksual baik pada anak-anak atau perempuan.

 

 

Bicara perempuan adalah bicara potensi keberhasilan ke depan. Meskipun faktanya masih banyak perempuan yang hanya fokus pada 4P (Peraduan,Pinggang,Pigura,Pergaulan) dan lupa pada P yang ke 5 yaitu Pilar Perempuan adalah pilar Negara, perempuan harus berdaya. Karena dari perempuanlah lahir potensi-potensi bangsa ini, jadi tak bisa dibayangkan kalau justru anak-anak yang dilahirkan jati diri dan masa depannya hilang karena kasus pelecehan seksual yang dialaminya waktu kecil. Jadi betapa perempuan memegang peran yang sangat besar bagi bangsa dan negara. Secara demografi Indonesia dihuni terbanyak oleh perempuan dan anak-anak.

 

 

Lewat Program 3ends (3 hal yang harus diakhiri) dari KPPPA (Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) Menteri Pemberdayaan Perempuan ibu Yohana mengajak masyarakat khususnya perempuan perperan secara aktif. Hadir pada event ini Martha Simanjuntak (Ketua Pokja Serempak dan Founder IWITA), Ina.A Muwarni (Deputi Head Marketing Binus Bussines School), Maman Suherman (Penulis), Irwin Day Praktisi IT dan Ani Berta (Sosial Media dan Sekja Serempak).

 

 

Perempuan sebagai blogger kata ibu Ina dari Binus kekuatannya sungguh luar biasa. Lewat tulisan yang dihasikan blogger dapat menyebar luaskan setiap informasi yang didapat, yang tak kalah penting saat ini blogger juga perlu mem-branding dirinya. Mau dikenal sebagai apa? Food blogger? Beauty blogger? atau Blogger Traveler atau Blogger yang terkait dengan permasalahan-permasalahan perempuan?

 

 

Branding adalah identitas yang dapat membedakan antar blog yang satu dan lainnya. Kemudian tentukan siapa target kita, kenali apa dan siapa pembaca kita, jangan lupa pemilihan foto, warna, tone dalam blog karena ini mencerminkan siapa diri kita. Contoh warna orange yang menggambarkan pemilik blog adalah orang yang semangat. Pilih yang menjadi passion kita dari begitu banyak keinginan yang ada karena kita multikarakter dan yang tidak kalah penting optimalisasikan blog ketika dana ada.

 

 

Ani Berta sebagai pelaku sosial media mengatakan “Blogger mempunyai peran ganda sebagai penulis, ibu bagi anak-anak sekaligus mengurus keluarga. Jadi dibutuhkan komitmen pada apa yang diputuskan” seperti datang ke satu acara. Dalam satu event pun tidak lantas diam asyik dengan gadgetnya tetapi juga eksplore sekeliling. Buka diri untuk terus memperluas pertemanan dan jaringan”Kalau bertemu dengan acara-acara yang bermanfaat aktualisasi diri kita secepatnya, tanpa menunggu undangan datang.

Kita dapat menjadi maestro lewat tulisan agar kita dapat menciptakan ilmu. Bergeraklah, kejar narasumber untuk mendapatkan data yang akurat dan terpercaya, lakukan verifikasi, ini semua adalah bagian yang harus blogger lakukan agar kedudukannya sama seperti teman-teman jurnalis lainnya. Terakhir Ani Bertha mengingatkan “Blogger dapat memberikan opini asal tidak ngawur apalagi nyinyir dan jangan lupa aktual adalah dua hari setelah acara”

 

Pak Irwin day praktisi IT menambahkan “menulislah apa yang disukai” temukan ide yang menarik karena ini menjadi tantangan untuk originalitas atau tidak sebuah tulisan. Buatlah konten sesuatu yang dibutuhkan, yang bermanfaat, menghibur dan memberi informasi. Jangan abaikan filter dalam konten blog dan Terakhir Maman Suherman penulis dan moderator acara tv menutup pertemuan pagi itu dengan resumenya: Perempuan cantik banyak tetapi perempuan yang berotak langka.

Kejahatan seksual seperti gunung es, banyak terjadi di lingkungan yang paling dekat dengan kita dengan pelaku orang yang kita kenal dan 1/3 dari kejahatan seksual tidak dilaporkan. Mari sebagai blogger optimalkan konten yang bermanfaat untuk perempuan dan anak. Jangan putus,terus memproduksi issue-issue perempuan dalam tulisan. Semangat untuk menuliskan konten-konten yang berhubungan dengan memberi apresiasi terhadap perempuan. Acara Gathering ini ditutup dengan pemberian penghargaan pada para pembicara, pemenang live tweet,best dresscode dan music

Mari kita tinggalkan karya, cerita dan tulisan kita untuk perempuan Indonesia. Selamat Hari Blogger! (Gita Siwi)

 

Source : http://gitasiwi.blogspot.co.id/2016/10/peran-penting-blogger-bagi-pemberdayaan.html