Menyapa Tukik di Ujung Pasir Ujung Genteng

Sudah tahu tujuan wisata akhir pekan ini? Ujung Genteng mungkin bisa menjadi pilihan. Tempat ini merupakan surganya pecinta pantai dan air terjun. Dari Jakarta, untuk menuju Ujung Genteng dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, dari Jakarta langsung ke Sukabumi. Dari Sukabumi ke Ujung Genteng dapat ditempuh selama 3-4 jam perjalanan.
Sedangkan juga memilih kendaraan umum, dari Jakarta gunakan kendaraan menuju terminal Sukabumi. Nanti dari sana, pilih angkutan kota yang menuju terminal Lembur Situ. Perjalanan belum selesai karena harus beralih menggunakan bus atau elf jurusan Surade. Jika tiba di Terminal Surade, pilihannya adalah menggunakan angkutan umum warna merah jurusan Ujung Genteng. Sesuai namanya, lokasinya memang paling ujung.
Saran Serempak.id, jika berkunjung ke Ujung Genteng harus memperhitungkan benar waktu dan segala persiapan karena akses ke sana sangat jauh. Serempak.id waktu itu ke Ujung Genteng berangkat dari rumah pukul 07.30 WIB dan tiba di Ujung Genteng pukul 16.00 WIB padahal hanya satu kali berhenti untuk makan siang dan shalat.
 img_20150815_170921
Perjalanan panjang yang harus ditempuh terbayar dengan pemandangan indah yang mempesona. Ujung Genteng merupakan pemandangan alam yang sangat menawan. Namun saat Serempak.id datang ke sana, banyak kondisi yang tak terawat. Masih sangat kurang fasilitas pendukung. Serempak.id menyarankan ada dua tujuan yang dapat dituju jika berkunjung ke Ujung Genteng.
Dari pintu masuk Ujung Genteng, pengunjung akan masuk ke kawasan hutan lindung yang dijaga pihak TNI AU. Biaya masuknya sebesar Rp 5000. Awalnya tim Serempak.id enggan masuk ke wilayah sana karena tertutup pepohonan. Namun petugas yang berjaga menyarankan untuk tak ragu masuk ke sana. “Lurus saja ikutin jalannya,” kata petugas kepada Serempak.id.  Jalan yang harus ditempuh hanya dapat dilewati oleh satu mobil. Sehingga, apabila ada mobil yang datang berlawanan arah, salah satu mobil harus mengalah agar mobil lain dapat lewat.
Serempak.id menyarankan untuk menggunakan lampu mobil karena walaupun di siang hari, sinar matahari tertutup rimbunnya pepohonan yang menjulang tinggi. Setelah sampai, parkirlah mobil di bibir pantai. Anda akan menikmati pasir putih yang bersih. Banyak juga karang-karang, sehingga sebaiknya menggunakan sandal agar kaki tak terluka. Ombak yang ada di ujung genteng sangatlah kuat sehingga harus berhati-hati.
Sebaiknya membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah karena sangat minim warung makan yang menjual makanan. Apabila ingin mandi, ada rumah warga yang menyediakan fasilitas mandi dengan kondisi yang sederhana. Air pun harus ditimba langsung dari sumur. Untuk biaya, bisa se ikhlasnya.
 img_20150815_170232
Salah satu pilihan di Ujung Genteng adalah melihat secara langsung penyu bertelur. Pengunjung yang datang akan mendapat penjelasan proses demi proses penyu bertelur. Sekali bertelur, jumlahnya bisa langsung ratusan. Setelah menetas, telur akan menjadi tukik dan kemudian dilepaskan ke habitat aslinya di laut.
Selamat berkunjung ke Ujung Genteng(rab)