Menjajal Khasiat Air di Pemandian Air Panas Ciseeng

Lelah beraktifitas selama seminggu mungkin bisa hilang dengan berlibur ke kawasan Bogor. Mampirlah ke pemandian air panas Taman Wisata Tirta Sanita Ciseeng. Dari Jakarta, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dan keluar tol Sentul Selatan. Setelah itu belok kanan dan masuk tol Bogor Ring Road ke arah Yasmin. Nanti dari Yasmin langsung lurus ke arah Parung hingga ada papan petunjuk Ciseeng.
pemandian-air-panas-ciseeng
 
Tirta Sanita diresmikan pada 12 September 1992. Tirta artinya air dan sanita adalah kesehatan. Jadi Tirta Snaita mengandung arti air kesehatan. Tiba di Taman Wisata Tirta Sanita, pengunjung harus membayar harga parkir Rp 3000 untuk motor, Rp 15 ribu untuk mobil dan Rp 10.000 untuk bis. Untuk harga tiket masuk Rp 15.000 untuk dewasa sedangkan anak-anak Rp 10.000. Kawasan ini memiliki luas 3,5 hektar yang terbentang mulai dari gunung kapur hingga gunung panjang.
Ada bukit kapur Ciseeng yang masih alami, cocok untuk berfoto. Air panas ini berasal dari gunung kapur alami yang mengandung belerang. Air panas Ciseen tak hanya mengandung belerang saja, melainkan juga yodium dan kapur. Dengan kandungan tersebut, air di sini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan tulang. Di pemandian air panas ini disebutkan kalau spa garam belerang adalah spa belerang dan air laut yang bisa menyembuhkan dan mencegah penyakit serta menjaga kesehatan. Belerang berfungsi sebagai anti alergi, penawar racun, membunuh kuman serta dapat menghilangkan gatal-gatal.
 
Di kawasan ini juga tersedia kamar mandi air panas yang bisa dinikmati dengan harga Rp 15 ribu untuk 15-20 menit berendam. Ada tujuh kamar mandi rendam air panas yang bisa digunakan sebagai tempat terapi pengobatan. Selain kamar mandi privat, juga ada kolam besar yang mampu menampung banyak orang. Sittatun Nisak, warga Kalisuren, Bogor mengaku sudah beberapa kali datang ke kawasan itu. Ia bersama ibu dan kakaknya datang dari Kudus. “Lumayan, mba walau beberapa kali sudah datang ke sana,” kata Ita, panggilan akrabnya kepada Serempak.id
 
Tak hanya pemandian air panas saja, pemandian Ciseen menyediakan area outbound serta penginapan yang bisa disewa bersama keluarga. Di area outbound tersedia fancy transh, high rope, motor cross dan lain-lain. Untuk anak-anak ada permainan becak mini, kora-kora, hingga bom bom car. Aneka permainan dan outbound yang tersedia dikenai biaya sekitar Rp 5000 – Rp 50 ribu per permainan. Sedangkan untuk penginapan tersedia dengan harga hingga Rp 225.000 untuk sewa per malam.  (rab)