Menikmati Indonesia Melalui Museum Nasional

museum-1

Bagi yang tinggal di Ibu kota, tak perlu jauh-jauh untuk menikmati patung-patung manusia purbakala di akhir pekan. Karena, sebagian dapat kita lihat di Museum Nasional. Untuk melihat arca bergaya Hindu dan Budha, masyarakat Ibu Kota juga tidak perlu jauh-jauh mengunjungi Candi Borobudur dan Prambanan. Karena semua ada di Museum Nasioal.

Museum yang berada di pusat Jakarta, tepatnya di Jalan Medan Merdeka Barat No. 12, ini menyimpan banyak sekali benda sejarah dan prasejarah, benda pusaka seperti keris, topeng, alat musik tradisional, dan baju-baju adat. Kekayaan kuno negara seperti emas, koin tempo dulu, perhiasan raja, dan pedang pendekar, dapat kita lihat di Museum Nasional. Lengkap! Indonesia dapat kamu lihat dalam empat lantai Museum Nasional

Sayang sekali rasanya jika kita sudah menikmati tempat-tempat wisata di Indonesia tetapi belum mengunjungi Museum satu ini yang juga dikenal dengan nama Museum Gajah. Cikal bakal nama Museum Gajah bermula pada tahun 1871, saat Raja Chulalongkorn dari Thailand memberikan hadiah patung gajah berbahan perunggu yang saat ini diletakkan di halaman depan Museum. (sumber:  id.wikipedia.org/wiki/Museum_Nasional_Indonesia)

 

museum2

Dengan biaya Rp. 5,000-, kita bisa puas berkeliling melihat benda-benda pusaka yang disajikan Museum dari lantai 1 sampai lantai 4. Museum Nasional terdiri dari dua gedung, yaitu Gedung A yang berisi benda-benda pusaka dan Gedung B yang berisi  Arca-arca Hindu dan Budha. Lebih lengkapnya, mari kita menjelajah tiap lantai gedung Museum Nasional.

 

LANTAI 1. MANUSIA DAN LINGKUNGAN

Ketika masuk di lantai satu, kita dihadapkan pada dua pintu, pintu gedung A dan pintu gedung B. Mana saja bisa kita lalui dahulu. Karena gedung A dan gedung B tidak memiliki pembatas. Jika kita berkeliling di gedung A, pemandangan yang dapat kita lihat adalah benda-benda etnik yang menjadi ciri khas rakyat Indonesia di tiap daerah seperti: Ani-ani penumbuk padi, Gamelan dari Banten, patung kuda Nogowarno dari Cirebon, permainan Dakon dari jawa, Suling hidung dari Kalimantan, patung mbis dari Papua, dan berbagai asesoris unik yang ada di tiap daerah lainnya. Di gedung A ini kita juga dapat melihat kendi-kendi kuno serta miniatur formasi kerjaan yang ada di Indonesia zaman dulu kala.

museum3

 

museum4

 

museum4

Sementara, di lantai dasar gedung B terdapat berbagai Arca Hindu dan Budha. Tempat ini unik karena memiliki halaman bertabur arca dengan atap terbuka. Dari sekian banyaknya Arca di sini, Arca Adityawarman dengan ketinggian empat meter lebih merupakan patung arca yang paling tinggi di Museum Nasional.

Selain itu, di lantai satu ini kita juga dapat mempelajari prasejarah dengan informasi serta patung-patung manusia purba yang ada di dalamnya.

museum6

 

museum7

 

museum8

LANTAI 2. ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI

Naik ke lantai dua, kita dapat melihat batu-batu prasasti kerajaan yang pernah ada di Indonesia seperti batu prasasti kerajaan Mulawarnan, Tugu prasasti kota kapur, sejarah aksara dan bahasa Indonesia, jam kapal kuno yang biasa digunakan nenek moyang untuk melaut, alat dan bahan produksi pembuatan gong, asal mula bentuk sepeda roda tiga, dan benda-benda lainnya buatan manusia pada zaman dahulu kala.

 

museum9

 

museum10

 

LANTAI 3. ORGANISASI SOSIAL & POLA PEMUKIMAN

Di lantai tiga, kita dapat menjumpai beberapa miniatur rumah adat. Informasi mengenai kebiasaan masyarakat ditiap eranya, mulai dari era prasejarah – Hindu-Budha – Intervensi Eropa – masuknya Islam – sampai sekarang.

Kita juga dapat melihat sejarah perkakas yang digunakan masyarakat di Indonesia, stempel, parit, bakiak, ukiran kayu, pola batik, peralatan yang digunakan nelayan, alat-alat petani, dan informasi sejenisnya lengkap di lantai ini.

 

museum11

 

museum12

 

LANTAI 4. EMAS DAN KERAMIK

Lantai paling atas yang dapat dikunjungi adalah lantai empat yang berisi kekayaan kuno Indonesia seperti emas, logam, perhiasan, pedang-pedang dan juga hadiah berharga pemberian Negara lain. Sayangnya pengunjung tidak diperbolehkan untuk mengambil gambar dan video di lantai ini. Mengapa? Nantikan tulisan kami selanjutnya mengenai alasan pelarangan tersebut. Dan kunjungi Museum Nasional kalau kamu penasaran! (ap)

 

museum13