Mencicipi Tahu Rasa Susu di Lembang

Suka Tahu?
Suka Susu?
Tapi malas kalau harus berpindah-pindah tempat?
Datanglah ke Tahu Susu Lembang di Jalan Raya Lembang No 177, Jayagiri, Kabupaten Bandung Barat. Tahu susu ini pas untuk oleh-oleh dan nikmat dikonsumsi langsung. Tahu Susu ini diolah dengan cara mencampurkan kedelai dengan susu murni. Adonan tahu dicampur dengan susu. Rahmat Hidayat, pengelola Tahu Susu Lembang mengatakan kepada Kompas.com, pembuatan tahu susu ini menghabiskan tiga belas kilogram kedelai dicampur dengan empat liter susu murni.
tahu-susu-1
 
Tahu Susu Lembang dibuka pada 20 Desember 2008 dan ramai dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar negeri. Rata-rata pengunjung datang berombongan bersama keluarga, teman atau perusahaan.
 
Jika masuk gerbang Tahu Susu Lumbang, ada bangunan depan yang menyerupai SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum). SPBU ala Tahu Susu Lembang ini dikhususkan untuk drive thru pembelian tahu. Di parkiran, ada satu mobil yang menjual sosis. Belok kiri, kita akan menemukan factory outlet yang terletak di bagian kiri.
 
Keramaian tampak di Rumah Produksi Tahu Susu Lembang. Ada beberapa gerai dengan beragam penawaran penjualan. Ada dua jenis tahu yang dijual yakni tahu susu dan tahu mentega. Tahu susu bisa dibeli dalam keadaan mentah, atau bisa juga membeli yang telah digoreng.
 
Tahu susu mentah berisi 10 buah dan harga satu pak Rp 25.000. Sementara harga satu pak tahu mentega mentah Rp 30.000. Sedangkan tahu susu yang sudah digoreng Rp 15.000 isi 10 buah. Pengunjung dapat menyaksikan secara langsung proses penggorengan tahu di wajan raksasa. Tahu ini enak dikonsumsi saat panas. Saat membeli tahu, pengunjung juga mendapat cabe hijau yang pedasnya ‘nendang’.
tahu-susu
 
Pengunjung bisa langsung melihat proses pembuatan tahu di pabriknya. Saat masuk ke pabrik tahu, ada papan tulis raksana berwarna hijau pupus tentang proses pembuatan tahu. Hanya saja, huruf-hurufnya tak begitu tampak. Para pekerja tampak sibuk memotong dan mengaduk adonan. Ada dua warna tahu yang diproduksi yakni warna kuning dan putih. Warna kuning karena tahu diberi kunyit. Sedangkan tahu yang berwarna putih tanpa pewarna. Dalam sehari, pabrik tahu dapat menghasilkan hingga ratusan  potong tahu.
 
Jika ingin makan, ada beraneka makanan yang dijual dengan konsep warung-wraung mini. Harganya pun bervariasi. Sedangkan di bagian lainnya ada pasar seni yang memamerkan aneka lukisan atau barang seni lain untuk pengunjung. Jika anak-anak ingin bermain, ada juga beragam fasilitas menarik lainnya. Jadi, selamat mencoba (rab)