Liburan Penuh Buah di Taman Wisata Mekarsari

Ingin berwisata di taman buah? Datanglah ke Mekarsari. Kawasan ini dibuka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 16.30 WIB. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa melewati tol Jagorawi lalu keluar di gerbang tol Cibubur dan menuju jalur Cileungsih yang dapat ditempuh dengan perjalanan 20 hingga 30 menit setelah keluar tol. Pembayarannya menggunakan sistem top up. Jadi, pengunjung harus mengisi saldo yang kemudian dapat digunakan untuk memasuki aneka kompleks taman wisata ini. Para pengunjung akan diberikan gelang khusus yang diberikan pada saat awal masuk. Nah, pengisian saldo menggunakan gelang khusus ini. Nantinya, gelang ini dapat dikembalikan lagi beserta saldo sisa.
mekarsari
 
Taman wisata seluas 264 hektar ini memiliki 1470 varietas tanaman buah serta 100.000 pohon yang mencakup tanaman rempah, tanaman biofarma, tanaman hias, hingga tanaman pangan. Taman buah ini awalnya dibuat untuk konservasi tumbuhan. Namun konsep ini kemudian menjadi areal konservasi, reboisasi, edukasi dan rekreasi. Tanaman yang langka juga tersedia di kawasan ini.
Pernah dengar abiu? Kalau belum pernah, datanglah ke Taman Wisata untuk mengenal abiu. Abiu ini sekilas mirip dengan sawo walanda karena satu genus dengan sawo walanda. Buah yang berasal dari Australia ini masuk ke Indonesia pada tahun 1990-an sehingga disebut sawo asutralia. Buahnya berwana kuning dan rasanya sangat mirip ubi jalar kuning. Jika ingin berkeliling bisa menggunakan kereta tur keliling Taman Wisata Mekarsari. Nanti pengunjung dibawa keliling ke kebun durian dan taman-taman lain. Ada bangunan yang menonjol yakni Plaza Air mancur yang di bagian tengah di desain menjadi air terjun buatan yang indah.
 
Ada juga laboratorium yang digunakan untuk menyilangkan beberapa varietas tanaman. Ingin menikmati aneka permainan air? Di kawasan ini ada permainan banana boat, sepeda air, kano hingga angsa air. Kalau mau main perahu-perahuan bisa ke danau Mekarsari yang luasnya mencapai 20 hektar. Semua permainan air ada di Water Zone.  Kawasan ini pernah ditutup pada tahun 2013 namun setahun kemudian, tepatnya 15 Februari  2014 taman wisata ini dibuka kembali dengan menambahkan wisata air dan outbound.  (rab)