Kawasan Dolly Kini Jadi Penghasil Batik Jarak Arum yang Cantik

Awalnya, Dolly adalah sebuah kawasan lokalisasi di Surabaya yang identik dengan kehidupan malam. Kini, Dolly telah berubah jadi Kampung Batik, bahkan telah menghasilkan ciri khas Batik Jarak Arum yang cantik. Yuk, lihat! 

Tak ada yang tidak tahu kalau lokalisasi di Surabaya, Dolly, sudah ditutup. Bahkan masih hangat di telinga bagaimana walikota Surabaya, Ibu Tri Rismaharini (kemudian disebut dengan Bu Risma), menjadi sorotan media karena programnya untuk menutup tempat lokalisasi  para wanita malam dan pelanggan seksual bertransaksi. Hal yang dilakukan oleh Bu Risma menuai kecaman oleh pihak yang berada di sekitar Dolly, Surabaya.

Namun, bagi seorang Bu Risma, melakukan sebuah tindakan tentu sudah dipikirkan matang-matang tentang dampak yang akan ditimbulkan. Bahkan harus memikirkan apa yang kemudian akan dilakukan oleh orang-orang yang tadinya bekerja seperti yang disebutkan di atas, lalu tiba-tiba dipaksa berhenti karena tidak ada lagi tempat aman dan terjaga oleh pengawal. Meskipun saya sendiri yakin bahwa mereka memahami apa yang dilakukannya itu adalah sebuah kegiatan negatif.

Kini, Dolly ternyata mampu mencuat kembali dengan hasil karya yang kini ramai dibicarakan oleh kalangan UKM (Usaha Kecil Menengah). Awalnya Dolly identik dengan lokalisasi, kini sudah berubah menjadi Kampung Batik. Salah satu produk batik yang terkenal adalah Batik Jarak Arum. Banyak wanita dari eks terdampak dan mucikari beralih memproduksi batik Jarak Arum ini. Hal ini tentu sangat direspon positif oleh warga setempat bahkan membuat Bu Risma berbangga karena usahanya mengubah pola hidup warganya pun bisa berjalan sebagaimana yang diharapkan.

Bicara soal Batik Jarak Arum ini, memang sedikit mengalami kendala. Mulai dari ketersediaan alat dan bahan sampai kepada proses pemasaran. Namun, pemerintah setempat tidak tinggal diam. Langkah dalam memperkenalkan Dolly sebagai Kampung Batik pun mulai menggema dimana-mana. Jika ada yang bertanya soal Dolly, kini tidak ada lagi kata-kata berbau sensitif yang akan terdengar di telinga. Orang-orang akan mendengar kata Batik Jarak Arum. Bahkan dengan kondisi seperti ini justru semakin menarik minat wisatawan luar Surabaya untuk menyaksikan secara langsung bagaimana Batik Jarak Arum dibuat.

Batik Jarak Arum sendiri dibuat dengan kain mori. Motif yang diutamakan dalam batik Dolly ini adalah daun Jarak, seperti namanya dan sesuai dengan lokasinya. Hal ini dibenarkan oleh Mbak Fitri selaku koordinator sentra batik di daerah Jarak, Dolly, Surabaya. Namun, tidak hanya daun Jarak saja, motif kupu-kupu dan kepompong pun menghiasi kain batik yang dibuat oleh warga eks-lokalisasi ini.

Untuk masalah warna dari Batik Jarak Arum ini sendiri menggunakan warna-warna cerah. Alasannya adalah warna cerah menggambarkan harapan dari warga setempat untuk sebuah masa depan yang cerah dan lebih bermartabat, khususnya dalam hal perekonomian. Sangat diharapkan Batik Jarak Arum mampu membantu roda perekonomian warga setempat dan Surabaya secara luas.

Apakah warga yang membuat Batik Jarak Arum ini langsung mahir begitu saja dalam membatik? Tentu saja tidak. Ada yang memang memiliki latar belakang kemampuan membatik, tetapi sebagian besar belum dan atas dasar itu, pelatihan membatik pun diberikan kepada mereka yang benar-benar ingin belajar dan bangkit.

Selain di lokasi tempat pembuatan batik ini, mendapatkan Batik Jarak Arum pun saat ini sudah tersebar dimana-mana. Bentuk pemasarannya ada yang langsung dibawa ke hotel-hotel atau pameran-pameran UKM di mall yang ada di Surabaya. Hal ini dilakukan tentunya dengan bantuan Pemerintah Kota atau Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Dengan begitu, sistem kepercayaan akan Batik Jarak Arum semakin meningkat. Soal harga, batik-batik buatan warga eks terdampak ini pun terbilang murah. Harga berada di bawah nominal 500 ribu, yaitu sekitar 200 hingga 300 ribu rupiah. Harga yang fantastis untuk kemudian dijadikan oleh-oleh khas Surabaya kepada sanak keluarga atau kolega yang berada di luar Surabaya.

Harapan seluruh warga dengan Batik Jarak Arum ini adalah awal dari kebangkitan Dolly untuk lebih bersinar lagi dan benar-benar bersih dari segala hal berbau negatif.   (rhm)