Ini Dia, 5 Tempat Blusukan Seru di Maros

Mungkin belum banyak orang akrab dengan nama Maros, kabupaten yang terletak sejauh kurang lebih 1 jam perjalanan dari Makassar, Sulawesi Selatan. Namanya tak sepopuler Makassar, namun bukan berarti Maros tidak memiliki potensi yang patut dilirik. Tak salah jika IWITA (Indonesian Women IT Awareness) menjadikan Maros sebagai salah satu lokasi pilot project kegiatan bertajuk Sekolah Cerdas.

Mei lalu, SMK Kehutanan Widya Nusantara Maros ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan acara. Kegiatan ini sendiri berupa edukasi tentang mengoptimalkan manfaat media sosial bagi generasi muda. Melalui sharing best practice, para penggerak kegiatan sosial dan kepemudaan bicara tentang penggunaan media sosial sebagai salah satu ujung tombak branding dan networking. Salah satu cara berkreasi paling mudah dalam memanfaatkan TIK adalah membuka mata dan peka terhadap potensi lokal.

Di Maros, salah satu potensi lokal yang unggul adalah keindahan alamnya. Berikut ini beberapa lokasi menawan di Maros yang layak dieksplorasi keindahannya.

  1. Rammang-Rammang

Kalau Papua Barat punya Raja Ampat, Maros punya Rammang Rammang. Keduanya memiliki kemiripan kontur bukit-bukit di antara perairan. Jika di Raja Ampat perbukitan tersebut dikelilingi laut, perbukitan di Rammang Rammang bersanding dengan sungai. Tempat ini dikenal sebagai lokasi karst terbesar di Indonesia sekaligus terbesar kedua di dunia. Untuk menikmati pesona Rammang Rammang pengunjung bisa menyewa perahu motor yang banyak tersedia di dua dermaga berbeda. Pengunjung akan dibawa membelah sungai sembari menikmati bukit karst menjulang begitu eksotis. Sesampai di Kampung Karst, pengunjung juga bisa menikmati wisata kuliner maupun trekking ke salah satu bukit karst untuk mendapat view yang berbeda.

  1. Leang-Leang

Sebagai salah satu destinasi wisata prasejarah, Leang-Leang wajib masuk dalam daftar kunjungan di Maros. Di tempat ini terdapat sebuah goa prasejarah yang dindingnya penuh dengan lukisan prasejarah berbentuk tangan manusia. Tak hanya wisata prasejarah, tempat ini juga bagus dijadikan tempat camping maupun berbagai kegiatan outbond.

  1. Taman Batu

Terletak di kawasan Kampung Karst Rammang Rammang, Taman Batu Kampung Laku menawarkan wisata alam yang tidak biasa. Pemandangan menarik berupa batu-batu besar bertebaran di antara semak dan perairan dangkal memberi sensasi tersendiri. Jika kita terbiasa melihat taman dengan bunga berwarna-warni terhampar luas, maka bersiaplah terpesona dengan bebatuan berbagai ukuran yang seperti diukir dan ditata apik dalam satu kawasan, semuanya mahakarya Sang Pencipta.

  1. Taman Nasional Bantimurung

Setelah puas menikmati pesona alam tak biasa dengan deretan pegunungan dan bukit Karst, Taman Nasional Bantimurung siap memanjakan mata dengan pegunungan hijau dan air terjun. Bantimurung juga dikenal sebagai The Kingdom of Butterfly karena keanekaragaman kupu-kupu yang ada di wilayah ini. Tempat ini sangat cocok dijadikan tempat wisata edukasi dengan keberadaan Museum Kupu-kupu yang dapat menambah pengetahuan akan keanekaragaman hayati.

  1. Pantai Tak Berombak

Adalah Bupati Maros, Sulawesi Selatan yang memberi nama pada kawasan pusat kuliner kabupaten Maros ini. Pantai Tak Berombak, demikian tajuknya. Membuat siapapun yang belum pernah ke Maros pasti akan langsung penasaran melihat seperti apa tempat yang satu ini. Bagaimana tidak, bukankah semua pantai di dunia ini hampir pasti memiliki ombak?

Bersiaplah terkejut untuk Anda yang mengira Pantai Tak Berombak atau yang biasa disingkat PTB ini merupakan ‘pantai’ dalam arti sesungguhnya. Karena Anda tidak akan menemukan pantai melainkan sebuah kolam penampungan air yang dikelilingi oleh puluhan penjual makanan. Iya, tempat yang terletak tidak terlalu jauh dari kantor bupati Maros ini merupakan Pusat Kuliner Maros yang siap memanjakan lidah pengunjung dengan berbagai sajian kuliner dari berbagai penjuru tanah air. Makanan khas daerah seperti Coto Makassar, Bakso, Sate, Ayam Bakar dan sebagainya hingga snack dan aneka minuman berderet rapi sepanjang jalan.

Pengunjung bisa mengambil tempat di bangku yang telah disediakan di pinggir kolam. Pastikan untuk memilih tempat yang dekat dengan gerobak penjual karena jika terlalu jauh maka penjual tidak bisa mengantar makanan yang Anda pesan. Jika beruntung, di kawasan PTB ini terkadang juga diadakan acara live music.

Jadi, bagi anak-anak muda Maros ataupun Anda yang ingin berkunjung, jangan ragu lagi, ayo blusukan di Maros! (Winwin Faizah)