Fitur yang Sebaiknya Tercantum Pada Sebuah Website Bisnis

Internet bisa menjadi alat bantu marketing yang tepat. Salah satu perlengkapan untuk berjualan adalah sebuah website. Bila kita sedang merintis bisnis sendiri, sebuah website tentu saja akan sangat menolong.

Berbisnis pada zaman sekarang sangat dianjurkan untuk membuat akun media sosial dan website. Website berbeda fungsinya dengan media sosial. Media sosial adalah umpannya. Sementara website merupakan alat pemancingnya.

Ongkos untuk membuka toko sendiri terbilang mahal, kecuali jika tempat berjualan merupakan aset milik kita sendiri. Sebuah website dapat menekan harga sewa sebuah toko. Bermodal membeli domain dan membuat website pada platform gratisan seperti Blogspot dan WordPress sebenarnya sudah cukup. Namun bila ingin lebih kita dapat membeli hosting sekaligus. Membeli domain dan hosting biayanya jauh lebih kecil dibandingkan menyewa sebuah ruang untuk berjualan.

Bila sudah memiliki website, mulailah memajang produk beserta harganya. Susunlah directory yang mudah diakses pengunjung website. Harga produk, alamat email kita, nomor kontak kita, dan informasi cara pembelian belumlah cukup untuk memenuhi website bisnis.

Lalu apa saja informasi yang sebaiknya kita paparkan dalam sebuah website bisnis? Tips berikut ini tentu akan berguna untuk bisnis skala kecil.

  1. Menyediakan kolom untuk Subscribe

Sediakan tempat bagi para pengunjung website meninggalkan jejak berupa sebuah data. Data tersebut berupa email. Email subscription ini sangat membantu bila kita membuat program promosi, diskon, launching produk baru, hingga mengirim ucapan selamat hari raya dan giveaway. Kita kirim ke email mereka tentang kabar terbaru dari bisnis yang sedang kita jalani.  Sebagai informasi tambahan: tak usah kirim mereka email berkali-kali dalam satu hari. Beri jarak dan beritahu mereka kalau kita ada dan super produktif.

  1. Melengkapi website dengan foto yang bagus

Mulailah belajar fotografi. Bila memiliki anggaran lebih, sewa jasa fotografer atau mulailah mencair pegawai yang pekerjaannya khusus untuk memotret produk. Menggunakan foto milik sendiri, autentik, dan indah menciptakan citra sebuah merek yang positif.

  1. Aktifkan Mobile Friendly

Hampir semua orang kini mengakses internet via smartphone, bukan desktop. Oleh karenanya lengkapi fitur di website dengan mobile friendly. Jangan bedakan fitur desktop dengan fitur smartphone. Pengunjung akan betah berada di website kita bila keberadaan mereka dimudahkan.

  1. Buat halaman About Me dengan teks dan foto yang menarik

Pastikan halaman About Me ini menceritakan secara langsung kepada pengunjung websti tentang:

– Siapa kita

– Ceritakan keahlian kita

– Apa yang kita kerjakan

– Tambahkan sedikit cerita personal

Saat seseorang mengunjungi sebuah website dan merasa tertarik dengan yang mereka lihat pada website kita, langkah yang akan mereka lakukan berikutnya adalah cek halaman About Me. Mereka ingin tahu siapa kita.

  1. Sediakan halaman portfolio/testimonial/daftar klien

Review pelanggan dapat mempengaruhi calon pembeli. Sepanjang apapun kita mengklaim bahwa produk kita adalah produk terbaik, calon pembeli lebih percaya pada review pelanggan. Oleh karenanya mulailah bertanya pada klien dan para pelanggan kita tentang kesan mereka terhadap produk kita. Mintalah testimoninya dan pajang reviewnya di website bisnis kita.

Menyediakan website untuk bisnis yang sedang kita jalankan merupakan langkah yang baik. Teknologi semacam ini akan selalu berkembang dengan cepat. Karena itu selalu perbarui pengetahuan kita dengan perkembangan teknologi terbaru. Teknologi dan bisnis dapat menjadi paket ampuh untuk mengembangkan bisnis kita.(nw)