Coto Makassar ‘Nyasar’ di Surabaya

Siapa yang tidak mengenal kuliner bernama Coto? Seringkali suku kata ini bergandengan dengan kata Makassar. Yap, kuliner Coto atau sering disebut dengan Coto Makassar memang tidak akan pernah terlupakan saat berkunjung ke Makassar. Kuliner yang dibuat dengan bahan dasar daging sapi dan sejumlah rempah-rempah untuk kuah kentalnya pasti akan menggoda selera siapa saja.

Coto Makassar bisa dinikmati meskipun tidak di kota Makassar. Bagaimana soal rasa? Hmm… pastinya semua ingin rasa yang sama dengan di kota aslinya, bukan? Apalagi bagi saya pribadi yang berdarah Bugis-Makassar tetapi berdomisili di Surabaya saat ini. Tetapi, bagaimana jika ingin mencoba kuliner satu ini di kota pahlawan, Surabaya?

Nah, berikut adalah tempat makan Coto Makassar yang Enak di Surabaya.

Coto Makassar Daeng Muchtar

Awalnya saya tidak tahu warung ini. Sejak berada di Surabaya tahun 2012 lalu, keinginan untuk menikmati Coto Makassar kadang datang tidak terbendung. Seringkali saya mengalihkan keinginan itu dengan menikmati kuliner lain. Tetapi, akhirnya saya tahu ada yang menjual Coto Makassar saat saya ngidam. Suami saya yang ‘menemukan’ warung Daeng Muchtar ini.

Rasanya enak karena memang yang berjualan asli dari Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Soal harga, sudah sangat pas untuk wilayah Surabaya. Meskipun ketika dibandingkan dengan harga di kota Makassar sendiri memang di Surabaya lebih mahal. Tetapi, bagi saya yang pendatang harga tidak akan menjadi soal. Lebih penting adalah lidah bisa menikmati kuliner kampung halaman. Apalagi ada buras dan ketupat sebagai pelengkap saat menyantap Coto.

Jika ingin mencicipi, Anda bisa datang ke Jalan Raya Dukuh Kupang, Dukuh Pakis, Surabaya Selatan. Sangat mudah mendapatkan warung ini karena tidak jauh juga dari Pizza Hut wilayah Dukuh Kupang.

coto-makasar

Coto Makassar d’Kampoeng

Jika berjalan-jalan ke mall, biasanya saya sering mencari ice cream sebagai penenang lidah. Namun, ada yang mengusik ketika berjalan ke salah satu mall yang ada di Surabaya, tepatnya Surabaya Town Square atau lebih dikenal dengan Sutos. Salah satu restoran yang ada di mall tersebut menjajakan sejumlah kuliner Nusantara. Coto Makassar pun tidak lewat untuk dijajakan.

Cukup mudah menemukan restonya karena memiliki nama yang unik, d’Kampoeng. Dari namanya saja sudah jelas kalau memang kuliner yang ditawarkan tidak lain menu Nusantara. Saya pun memberanikan diri memesan Coto Makassar karena penasaran dengan citarasa-nya. Dan surprisingly, saya suka dengan kuahnya yang mirip dengan aslinya. Eh, memangnya ada Coto Makassar palsu? Hmm.. maksud saya di sini adalah rasa yang “pas” dan memang sesuai dengan resep asli.

Bagaimana dengan harga Coto Makassar di d’Kampoeng? Well, yang namanya resto di mall pasti akan memiliki harga yang tinggi meskipun untuk makanan sederhana. Ada biaya pajak dan sebagainya yang harus menjadi pertimbangan untuk menentukan harga sebuah barang jualan. Jadi, wajar kalau harga Coto di mall lebih mahal.

Nah, dua tempat makan Coto Makassar yang enak di Surabaya ini bisa menjadi acuan teman-teman dari Makassar yang kebetulan stay di Surabaya. Atau bisa juga sebagai bahan referensi bagi teman-teman asli Surabaya untuk mencicipi kuliner asli dari kota Makassar.(rhm)