Cara Mudah agar Tetap Awet Muda

Tetap awet muda adalah impian semua wanita. Kalau kamu tidak memiliki waktu atau biaya untuk ke salon dan melakukan perawatan secara rutin, coba lakukan beberapa cara mudah di bawah ini agar wajah dan tubuh tetap awet muda.

Rawat Wajah Secara Rutin

Semahal apapun produk perawatan wajah yang digunakan tapi jika tidak dipakai secara rutin, hasilnya pasti tidak maksimal. Begitu pula sebaliknya. Perawatan wajah yang tidak menguras kantong pun dapat memberikan hasil maksimal jika digunakan secara rutin. Selalu gunakan krim tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Jangan lupa aplikasikan serum kulit, krim malam, dan krim mata untuk merawat kulit wajah dari penuaan dini.

Pastikan untuk selalu mencuci muka sebelum tidur menggunakan untuk menghilangkan bekas make up jika setelah bepergian ataupun hanya sekedar minyak yang menempel di wajah. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari timbulnya jamur dan bakteri pada wajah akibat kotoran yang menumpuk. Setelah itu, jangan lupa gunakan toner agar kulit tampak lebih kencang dan terhindari dari penyumbatan. Jika memiliki waktu senggang, kamu juga bisa menggunakan masker alami yang dibuat sendiri. Hal terakhir yang paling penting adalah lakukan semua perawatan ini sedini mungkin dan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Makan Makanan Sehat

Awet muda berarti tetap sehat. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Bukan berarti kamu harus melakukan diet karena memakan makanan sehat tidak sama artinya dengan diet. Memilih makanan yang banyak mengandung antioksidan adalah salah satu caranya. Dr. Mehmet C. Oz, M.D., salah satu penulis buku Staying Young: The Owner’s Manual for Extending Your Warranty menunjukkan bahwa antioksidan merupakan makanan anti penuaan, yaitu makanan berwarna gelap seperti blueberry, brokoli, tomat, dan acai.

Selain itu, menjaga kesehatan pencernaan dengan memakan makanan berserat juga merupakan salah satu cara menjadi awet muda. Serat bekerja dengan menjaga semua nutrisi yang kamu makan dalam tubuh dan melepaskan nutrisi tersebut jika dibutuhkan. Serat dapat ditemukan dalam buah-buahan, sayuran dan makanan yang gandum.

Minum Air Putih

Jangan sepelekan minum air putih karena kurang minum dapat menyebabkan dehidrasi, kulit kering dan masalah-masalah kulit lainnya, termasuk meningkatkan risiko penuaan dini. Jika kamu pecinta kopi atau teh yang mengandung kafein, maka pastikan mengimbanginya dengan meminum banyak air putih. Penelitian telah membuktikkan bahwa air putih bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari tubuh. Jadi pastikan untuk selalu minum air putih sebanyak 6-12 gelas per hari.

Biasakan Berolahraga

Bagi ibu rumah tangga, mungkin mengurus rumah dan anak sudah dianggap sebagai olahraga. Tapi hal ini tentu tidak sama dengan olahraga sebenarnya yang juga harus dilakukan oleh para ibu untuk menjaga agar tetap awet muda. Selain baik bagi tubuh dan jantung, olahraga juga merangsang sistem hiposis hipotalamus di otak yang mengeluarkan hormon anti aging yang kuat.

Kalau belum terbiasa melakukan olahraga berat, kamu bisa mulai dari gerakan-gerakan ringan dan unik yang tidak membuat cepat bosan, seperti berjalan mengelilingi rumah selama 15 menit. Jika sudah terbiasa, tingkatkan aktivitas dengan melakukan jogging atau gerakan yoga ringan yang bisa dipelajari melalui internet dan YouTube. Usahakan untuk melakukan olahraga ini minimal 3 kali dalam seminggu selama 30-60 menit, secara rutin.

Istirahat Berkualitas

Tahukah kamu kalau malam hari merupakan waktu terbaik untuk memperbaiki sel-sel di dalam tubuh? Untuk itulah kamu membutuhkan waktu tidur yang berkualitas selama 7-8 jam agar sel-sel di dalam tubuh bisa diperbaiki secara maksimal sehingga tubuh bisa terus awet muda. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Medis Chicago menemukan bahwa mempersingkat durasi tidur dari 8 jam menjadi 4 jam akan mempengaruhi kadar glukosa dan fungsi endokrin yang merupakan tahap awal terkena diabetes. Selain itu, risiko terkena hipertensi, obesitas, dan kehilangan ingatan juga semakin besar.

Bila memungkinkan, selalu matikan lampu dan sumber cahaya lain untuk membantu tubuh memproduksi hormon melatonin dengan lebih baik untuk memperkuat pertahanan tubuh. Bila memiliki TV di kamar, jangan menyalakannya saat ingin tidur karena akan mengulur waktu tidur sehingga mengurangi jam tidur. Pastikan kualitas tidur terjaga agar otak tidak terlelap dalam keadaan stres. Selamat mencoba!(ew)