Berkunjung ke Kampung Cina, Cibubur

Tahukah kamu ada Kampung Cina yang terletak di kawasan perumahan? Ya, Kampung Cina ada di kawasan perumahan Cibubur, Jakarta Timur. Hal menarik apa saja yang bisa kita lihat di tempat ini? 
Jadi, untuk menuju ke Kampung Cina, pengunjung harus melewati kawasan perumahan elit yaitu Kota Wisata Cibubur. Jika dari Jakarta ke Kota Wisata Cibubur bisa keluar melalui pintu tol Cibubur.
20140223_124940
 
Seperti namanya, Kampung Cina sarat dengan ornamen khas Cina yakni warna merah dan kuning. Ada sebuah bangunan khas dinasti seperti Kota Terlarang yang berbentuk setengah lingkaran dengan tulisan ‘Gerbang Kemakmuran’. Ada ukiran dua naga yang terletak di samping kawasan. Dua patung prajurit sambil membawa pedang dan obor.
 
Yelmira, Kepala Pengelola Kampung Cina Kota Wisata mengatakan Kampung Cina dibangun sejak tahun 2002. “Pada awalnya kawasan ini bernama Kampung Wisata yang diperuntukkan untuk penghuni perumahan Kota Wisata,” kata Yelmira kepada Okezone.  Namun lama kelamaan, pengunjung dari luar perumahan pun tertarik untuk berkunjung. Bahkan tak sedikit yang rela datang dari luar kota untuk melihat Kampung Cina secara lebih dekat.
 
20140223_125647
Ada jembatan yang menjadi penghubung antara pintu masuk ke deretan-deretan kios-kios yang menjual aneka hal. Mulai dari souvenir, aneka sandal hingga makanan. Jika ingin berfoto dengan gaya Cina, ada kios yang menyewakan baju cheongsam untuk dewasa hingga anak-anak. Jika tertarik, bisa langsung foto di spot yang disediakan. Pemotretan lengkap dengan sepatu hingga kipas atau payung cantik. Biaya penyewaan baju dan pemotretan tak sampai Rp 50 ribu.
 
Hiasan lampion yang menjadi ciri khas, terlihat hampir di setiap sisi. Datang ke Kampung Cina membuat pengunjung benar-benar merasa seperti di Cina. Kampung Cina juga menjadi salah satu tujuan wisata saat perayaan Cap Go Meh. Untuk kuliner, banyak penjual yang lebih banyak menjual makanan seperti bakso, pangsit dan lain-lain. Salah satu pengunjung mengaku baru pertama kali ke Kampung Cina padahal rumah adiknya di kawasan Jati Asih, tak jauh dari Kota Wisata Cibubur.
 20140223_130152
Hanya saja, kini Kampung Cina tak terlalu ramai. Para penjual mengaku tak banyak barang yang terjual. “Banyak yang hanya lihat-lihat saja,” kata salah satu penjual. Selebihnya, banyak pengunjung yang datang sekadar ingin memanfaatkan spot-spot indah di sepanjang kawasan Kampung Cina. Jika kawasan ini dikelola lebih bagus, tentu menjadi daya tarik untuk dikunjungi (rab)