5 Ritual Pernikahan Unik di Berbagai Negara

Saat acara pernikahan digelar, ritual budaya, tradisi serta agama akan diperlihatkan. Namun, di sejumlah negara, ada ritual pernikahan unik yang seringkali tak sekedar gaun atau acara. Inilah 5 ritual pernikahan unik di sejumlah negara.

1.Ritual Menangis Di Tujia, Tiongkok

Masyarakat di Tujia, Tiongkok punya tradisi unik menyambut pernikahan yang akan digelar. Sejak 30 hari sebelum menggelar acara pernikahan, calon pengantin perempuan akan menangis minimal satu jam sehari. Sepuluh hari kemudian, tradisi menangis calon pengantin perempuan ini akan ditemani Ibunya, dan sepuluh hari kemudian Neneknya akan bergabung dalam tradisi ini, sampai semua perempuan dalam keluarganya ikut menangis selama satu jam dalam sehari.

Tradisi menangis di komunitas penduduk berjumlah 8 juta jiwa ini tentu saja bukan dalam rangka kesedihan, melainkan ungkapan kegembiraan. Karena jika mereka berkumpul untuk menangis, alunan nada seperti lagu akan terdengar.  

Foto : www.odditycentral.com

2. Tradisi Mencium Pengantin di Swedia

Ada tradisi unik saat masyarakat di Swedia menggelar acara pernikahan. Tamu perempuan diperbolehkan mencium pengantin laki-laki, hal sebaliknya juga berlaku, yakni tamu laki-laki diperbolehkan mencium pengantin perempuan. Ritual unik ini dilakukan dalam sebuah ruangan khusus. Namun, tamu yang boleh mencium pengantin adalah tamu yang belum menikah.  Tradisi mencium pengantin ini sesungguhnya sebagai tanda kasih sayang kepada pengantin yang akan memulai hidup baru.

Foto : www.wonderslist.com

3. Tradisi Meludahi Pengantin Perempuan Suku Massai, Kenya

Salah satu ritual pernikahan paling aneh dilakukan oleh suku Massai yang hidup di Kenya, Afrika Timur. Saat upacara pernikahan digelar, pengantin perempuan dicukur rambutnya dan kepalanya dilumuri dengan lemak yang berasal dari domba. Tak hanya itu, kepala dan dada pengantin perempuan akan diludahi oleh ayahnya.  Tradisi meludahi pengantin perempuan mungkin terdengar sebagai sesuatu yang menjijikkan.  Tapi,  bagi masyarakat suku Massai ini, meludahi pengantin perempuan yang dilakukan oleh Ayahnya sebagai sebuah pengharapan bahwa pernikahan akan membawa keberuntungan.

Sumber Foto : www.wonderslist.com

4. Tradisi Kumbh Vivah di India  

India adalah negara yang sangat percaya pada kekuatan spiritual. Dalam tradisi masyarakat India dikenal tradisi Kumbh Vivah, yang merupakan gabungan dua kata Hindu, ‘Kumbh’ berarti pot dan ‘vivah’ berarti pernikahan atau perkawinan.

Ketika seseorang, entah dia seorang gadis atau laki-laki, yang akan menikah diketahui memiliki Manglik Dosha atau semacam catatan sendiri horoskop,  Kumbh Vivah adalah proses untuk menikah dengan pot untuk menghapus dampak buruk dari mereka setelah menikah.

Semua ritual seperti pernikahan normal lainnya. Di beberapa daerah, Kumbh vivah adalah pernikahan imajiner gadis dengan kendi air. Setelah acara ini, seluruh benang, tanaman dan potnya akan ditenggelamkan. Tujuan sesungguhnya menggelar tradisi Kumbh Vivah ini adalah mengusir pengaruh negatif yang sekiranya akan dialami oleh pengantin.  Aktris Bollywood Aishwarya Rai, diketahui sempat menggelar ritual ini sebelum menikah dengan  Abhishek Bachchan.

Sumber Foto : www.wonderslist.com

  1. Tradisi Menyiram Pengantin di Skotlandia

Ada hal yang unik yang dilakukan kerabat saat pengantin di Skotlandia menikah. Sehari sebelum menggelar acara pernikahan, calon pengantin perempuan atau bersama dengan calon pengantin laki-laki akan disiram alkohol, cokelat, susu, cairan karamel serta  tepung oleh keluarga dan saudara-saudaranya. Bukan sekadar menyiram, cairan yang digunakan juga dipastikan akan membuat calon pengantin menghitam dan terlihat sangat kotor.

Tradisi yang masih dilakukan di beberapa wilayah Skotlandia ini bertujuan untuk menangkal roh jahat atau pengaruh negatif yang dikhawatirkan akan mengganggu pernikahan.(mhp)

Sumber Foto : www.martianherald.com